Minggu, 11 Maret 2018

Pengertian, Jenis – Jenis dan Kelebih VLAN (Virtual LAN)

Tags

Pengertian, Jenis – Jenis dan Kelebih VLAN (Virtual LAN) – VLAN (virtual LAN) merupakan model jaringan yang membagi jaringan secara logikal ke dalam beberapa vlan yang berbeda. VLAN dapat di konfigurasi secara virtual tanpa melihat kondisi perlatan sehingga VLAN tidak terbatas pada kondisi fisik jaringan seperti jaringan LAN. VLAN memiliki fleksibilitas di pengaturan jaringan yang memudahkan administrator jaringan membagi jaringan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan keamanan jaringan.


Cara Kerja VLAN


VLAN dibedakan berdasarkan tipe yang digunakan, VLAN menggunakan port, MAC Address dan lain – lain. Semua informasi yang mengandung pengalamatan VLAN (tagging) di simpan dalam suatu databse (tabel), jika penandaannya berdasarkan port yang digunakan maka database harus mengindikasikan port – port yang digunakan oleh VLAN.

Switch/bridge manageable merupakan device yang berfungsi menyimpan informasi dan konfigurasi suatu VLAN dan di pastikan semua switch/bridge memiliki informasi yang sama. Switch menentukan kemana data – data akan di teruskan dan sebagainya. Selain switch, dapat juga menggunakan software pengalamatan (bridging software) yang berfungsi mencatat/menandai suatu VLAN beserta workstation yang di dalamnya.

Jenis – Jenis VLAN dan Kelebihan VLAN


  • Default VLAN merupakan vlan yang sudah ada sejak pertama kali switch di hidupkan, sebelum switch di konfigurasi semua port pada switch tergabung ke dalan default VLAN. Pada cisco switch, default vlan adalah VLAN 1.
  • Native VLAN merupakan vlan yang di kembalikan ke suatu port apabila tidak dalam bentuk trunking dan untagged.
  • Voice VLAN merupakan vlan yang mendukung VoIP dan di gunakan untuk komunikasi data suara di vlan.
  • Data VLAN merupakan vlan yang melayani trafik data pada vlan.
  • Management VLAN adalah VLAN yang di konfigurasi untuk management switch


Kelebihan Menggunakan VLAN


  • Memudahkan pengelolaan jaringan
  • Meningkatkan keamanan jaringan
  • Mengurangi trafik broadcast di jaringan, karena dengan membagi jaringan menjadi beberapa vlan trafik broadcast akan terbagi sesuai jumlah vlan dan trafik broadcast di kirim sesuai dengan vlan masing – masing



EmoticonEmoticon