Sabtu, 19 Mei 2018

Jenis – Jenis Network Adapter di Vmware Workstation

Tags

Jenis – Jenis Network Adapter di Vmware Workstation - Vmware workstation adalah hypervisor host yang berjalan pada versi x64 dari sistem operasi Windows dan Linux yang memungkinkan untuk membuat virtual machine (VM) pada mesin/komputer fisik tunggal, dan menggunakannya secara bersamaan bersama dengan mesin sebenarnya. Setiap virtual machine dapat menjalankan sistem operasinya sendiri, termasuk versi Microsoft Windows, Linux, BSD, dan MS-DOS. Untuk penggunaan non-komersial, kita dapat menggunakan versi gratis yaitu VMware Workstation Player. Pada bagian network adapter, vmware memiliki beberapa network adapter sama dengan hypervisor lain seperti virtualbox, di antara nya NAT, Bridged Adapter, Host Only, LAN Segment dan pada artikel ini akan di jelaskan fungsi setiap network adapter tersebut.


  • NAT : network adapter ini membuat virtual machine dapat berkomunikasi langsung ke jaringan fisik komputer tapi sebaliknya jaringan luar tidak dapat langsung terhubung ke virtual machine dengan adapter network ini. Jika jaringan fisik komputer terhubung ke internet maka virtual machine akan secara otomatis terhubung pula ke internet.

  • Bridged Adapter : Network adapter ini membuat virtual machine terhubung ke jaringan fisik komputer dan pada jaringan luar, virtual machine sebagai 1 komputer fisik yang berbeda dengan host tempat virtual machine di install. Jika terdapat lebih dari satu ethernet di komputer, maka harus memilih ke jaringan mana virtual machine akan di sambungkan.

  • Host Only : Host Only merupakan network adapter yang hanya menghubungkan virtual machine dengan host tempat vmware di install

  • LAN Segment : LAN Segment merupakan tipe network yang menghubungkan antar virtual machine di vmware, sama seperti Internal network di virtualbox.



EmoticonEmoticon